jam

Sabtu, 09 Maret 2013

Tips

                             TIPS MEMILIH SEPATU BOLA DAN FUTSAL


Sepak bola adalah olahraga yang telah berkembang di seluruh dunia selama ratusan tahun. Olahraga ini adalah salah satu favorit di kebanyakan negara Eropa, dan terus mendapatkan popularitas di Amerika dan Asia termasuk Indonesia. Tua dan muda di seluruh dunia menikmati permainan sepak bola. Tapi tahukah anda bahwa salah satu aspek paling penting dari permainan sepak bola -selain bolanya- adalah sepatu bola atau sepatu futsal?
Saya sendiri adalah penyuka sepak bola sejak kecil. Dan biasanya, kami bermain bola di lapangan kompleks atau di samping toko tanpa menggunakan alas kaki. Menyenangkan memang. Tapi hanya sebatas itu. Kami tidak pernah berpikir tentang efektifitas gerakan, akurasi tendangan dan semacamnya.
Ciri utama dari sepatu bola atau sepatu futsal umumnya adalah mempunyai bulir di tapaknya. Biasanya orang menyebutnya cleats atau studs. Sepatu bola pertama dibuat dan dirancang oleh Raja Henry VIII pada tahun 1525. Saat itu raja meminta pembuat sepatunya untuk membuatkan sepatu yang bisa dipakai bermain sepak bola di atas rumput. Saat ini, sepatu sepatu bola dan sepatu futsal sudah punya desain yang berevolusi sesuai kebutuhan untuk membantu pemain bola menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Menentukan Jenis Sepatu Bola Sesuai Tipe Permukaan Lapangan

Jenis permukaan lapangan juga penting untuk anda ketahui sebelum memilih membeli sepatu bola atau sepatu futsal. Inilah yang akan menentukan jenis studs (tapak sepatu) apa yang anda butuhkan. Apakah anda bermain di atas lapangan kering, basah, rumput sintetis, ply-wood atau indoor.
Jenis studs umumnya terbagi dua: molded (permanen) dan detachable (bisa dilepas-pasang). Ini hanya menyangkut selera. Dengan studs detachable, anda mungkin hanya perlu 1 buah sepatu yang bisa digunakan di berbagai jenis permukaan dengan cukup mengganti studsnya saja. Namun kekurangannya tentu saja daya tahannya yang lebih cepat rusak dibanding jenis molded studs. Salah satu tipe sepatu dengan detachable studs yang pernah saya punya adalah Adidas F50.9 Tunit.
sepatu bola
Jenis permukaan lapangan juga beragam. Untuk lapangan rumput, umumnya tersedia tiga jenis studs: Soft ground, firm ground dan hard ground. Studs soft ground biasanya mempunyai bentuk panjang dan lebih runcing. Terbuat dari material yang kaku seperti besi atau karbon. Jumlahnya biasanya 4 atau 6 studs di setiap sepatu. Studs hard ground bentuknya lebih pendek dan tidak runcing. Terbuat dari material yang lebih lunak seperti plastik sintetik atau karet. Jumlahnya biasanya 10, 12 sampai 14 studs di setiap sisi sepatu. Nah, studs firm ground ada di antara soft dan hard ground.
Lalu ada lagi studs indoor-court. Tapaknya terbuat dari karet mentah dan lebih datar. Ini biasanya dipakai pada permukaan lapangan futsal indoor yang terbuat dari kayu. Sedangkan untuk lapangan rumput sintetis, yang mana kebanyakan lapangan futsal menggunakannya, jenis studs yang tepat adalah jenis turf. Terbuat dari karet, ukurannya kecil dan memenuhi hampir semua permukaan tapak sepatu.
Pernah lihat sepakbola pantai? Pemainnya tidak menggunakan sepatu alias tanpa alas kaki. Ini karena tujuan permainan ini adalah memang untuk membatasi gerak pemainnya. Permukaannya adalah pasir pantai yang ditumpuk dalam jumlah banyak, gembur dan menyulitkan.
Salah satu hal paling penting yang diharapkan dari sepatu bola atau sepatu futsal adalah untuk membantu pemain sepak bola dalam bergerak di atas tanah. Sepatu ini membantu untuk mencengkeram permukaan lapangan, memungkinkan pemain untuk berlari, berubah arah dengan cepat tanpa khawatir cedera. Hal yang mana akan sangat sulit dilakukan ketika Anda tidak memiliki sepatu yang dapat mencengkeram permukaan lapangan dengan baik terutama pada tanah basah atau rumput licin. Sebelum sepatu bola diproduksi di seluruh dunia, para pemain bola menggunakan kancing kulit di bagian bawah sepatu mereka untuk mendapatkan daya cengkeram yang baik pada tanah. Kancing kulit kecil inilah yang kemudian berkembang menjadi cleat modern seperti yang kita kenal sekarang.

Sepatu Bola dan Fungsinya

Sepatu bola high-end seperti Nike Mercurial atau Adidas miCoach biasanya berharga lebih dari $200 atau sekitar Rp 1.8 juta. Namun, dengan sedikit keberuntungan anda bisa saja memperoleh sepatu sepatu bola atau sepatu futsal dengan harga murah. Belanja dengan cara lelang online di ebay misalnya, bisa memberikan banyak keuntungan. Selain itu, sepatu bola atau sepatu futsal, seperti banyak sepatu yang lain, mempunyai ukuran yang standar. Jadi belanja sepatu secara online menjadi lebih mudah.
Sekarang, sepatu bola tersedia dalam berbagai macam jenis dan desain. Penggunaannya di lapangan tidak hanya sebatas memudahkan pergerakan, tapi juga mulai mengarah ke fashion dan trend. Pemain-pemain terkenal seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi dan Wayne Rooney punya sepatu yang khusus didesain untuk mereka. Warna orange, ungu, pink bukan lagi warna yang kontras dengan kerasnya intensitas permainan di atas lapangan. Bagaimana pun, tanpa sepatu khusus, olahraga sepak bola tidak akan menarik seperti yang kita kenal hari ini. Sepatu adalah salah satu aspek yang paling penting dari permainan setiap pemain sepak bola. Ketika anda berada di lapangan untuk bermain sepak bola, pastikan Anda mengenakan sepasang sepatu bola yang tepat!

0 komentar:

Posting Komentar